Jumat, 15 Januari 2016

MAKNA DAN HAKEKAT ETIKA DALAM PENGEMBANGAN PROFESI GURU




http://akreditasi.net/wp-content/uploads/2015/10/20130605025409-620.jpg
DisusunOleh :
JAMALUDIN








SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL-HIDAYAH BOGOR
Jalan Raya Dramaga Km. 7, Margajaya, Bogor Barat, Jawa Barat, Indonesia
TAHUN 2016


KATA PENGANTAR


DenganmenyebutnamaAlloh SWT yang Maha Pengasihlagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telahmelimpahkanrahmat, hidayah, daninayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapatmenyelesaikanmakalahilmiahtentangpengertianMakna Dan HakekatEtikaDalamPengembanganProfesi Guru.

Makalahilmiahinitelahdisusundenganmaksimaldanmendapatkanbantuandariberbagaipihaksehinggadapatmemperlancarpembuatanmakalahini.Untukitu kami menyampaikanbanyakterimakasihkepadasemuapihak yang telahberkontribusidalampembuatanmakalahiniterutamaMa’had Huda Islami Bogor Indonesia.

Terlepasdarisemuaitu, penyusunmenyadarisepenuhnyabahwamasihadakekuranganbaikdarisegisusunankalimatmaupuntatabahasanya.Olehkarenaitudengantanganterbukapenyusunmenerimasegala saran dankritikdaripembaca agar penyusundapatmemperbaikimakalahilmiahini.

Akhir kata kami berharapsemogamakalahilmiahtentangpengertianetikadanruanglingkupnya, begitu pula manfaatnyauntukpendidikan di negritercintainidapatmemberikanmanfaatmaupuninpirasiterhadappembaca.
Curved Down Ribbon: 1
 






Bogor,    Januari 2015




JAMALUDIN







DAFTAR ISI


                                                                                                                     Halaman
KATA PENGANTAR .......................................................................................        1
DAFTAR ISI.....................................................................................................        2
BAB I PENDAHULUAN   ................................................................................        3

1.1     LatarBelakang..........................................................................................        3
1.2     RumusanPermasalahan............................................................................         4
1.3     TujuanPembuatanMakalah............................................................................. 4

BAB II PEMBAHASAN  ..................................................................................        5
2.1.PengertianStrategiBelajar.................................................................................... 5
   2.2.Definisi SBM dari Para Ahli    ....................................................................         5
   2.3.   KedudukandariStrategiBelajarMengajar........................................................... 5

   BAB III PENUTUP                                                                                                     8
   3.1.   Kesimpulan                                                                                               8















Curved Down Ribbon: 2
 


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latarbelakang

Etikaadalahsebuahprakata yang membicarakanmengenainilaidannorma moral yang menentukanperilakumanusiadalamhidupnya. Sebagaietikasangatmenekankanpendekatan yang kritisdalammelihatdanmelaluinilaidannorma moral sertapermasalahan- permasalahan yang timbuldalamkaitandengannilaidannorma moral itu.
Dalamduniapendidikanetikamerupakanhalpenting yang harus di pahamitiappengajarbaik di tingkatSekolahDasar (SD) sampaiPerguruanTinggi (PT) agar pembelajaraan yang di laksanakanbisa di sesuaikandengannorma/etika yang berlaku di masa depannantinya, dalamsetiapperkembanganpendidikanpengajarjugaharusmampumendalamisetiappelajaran yang akandiajarkandantentunyaharussesuaidengan Norma danEtika, dengandemikiansetiapmahasiswaharusmampumemahamitentanghakekatetikaitusendiri.

1.2.    RumusanMasalah
Sesuaidenganpemaparan di atas di temukanbeberaparumusanmasalahyaitu :

1.         Apapengertian  etika ?
2.         Mengapakitadiperlukanberetika ?
3.         Apakegunaanetika, danruanglingkupnya ?


1.3    Tujuan
AdapunTujuandibuatnyamakalahiniadalahsebagaiberikut :
a.       Mengetahuipengertiandarietika
b.      Mengetahuiruanglingkupetika
c.   memberikanilmukepadapenyusundenganpembaca



Curved Down Ribbon: 3
Sun: 3

 


BAB II
PEMBAHASAN

2.1   PengertiandanRuangLingkupEtika
2.1.1 PengertianEtika
Kata etikaberasaldari kata ethos (bahasayunani) yang berarti ‘adat’, ‘kebiasaan’, dan ‘praktik’.Dalambahasainggris, etikasering di gunakandenganistilah ethics.Velasques (1987) mengemukakanbahwaetikamemilikikesamaandenganperkataanbenaratausalah.
“Etikaadalahsesuatu yang harusdilakukandenganpertimbanganbenardansalah.”
“Etikaadalahsesuatu yang harusdilakukandenganberdasarnilai agama.”“Beretikaadalahmelakukansesuatuberdasarkanhukum.”
“Etikaterdiridaristandartingkahlaku yang diterimadalamlingkunganmasyarakat.”
Menurut Aristoteles, Etikaadalahrefleksidariapa yang disebutdengan “self control” karenasegalasesuatunyadibuatdanditetapkandaridanuntukkepentinganpembuatnya.
Menurut Sims (2003) bahwaetikamerupakandisiplinilmu yang berkaitandenganbaikdantidakbaik, danapa yang menjadikewajiban moral.
MenurutBertens (2004:5) etikaadalahsuatuilmutentangapa yang biasadilakukanolehmanusiaatauilmutentangadabkebiasaan. Lebihdalamlagi, Bartens (2004 :6) mengartikanbahwaetikaadalahilmutentangapa yang baikdanapa yang burukdantentangkewajiban moral (akhlak). Dengandemikian, etikatidakmempersoalkankeadaanmanusia, tetapimempersoalkanbagaimanamanusiabertindak.
Etikaadalahsebuahcabangfilsafsat yang berbicaramengenainilaidannorma moral yang menentukanperilakumanusiadalamhidupnya. Sebagaicabangfilsafat, etikasangatmenekankanpendekatan yang kritisdalammelihatdanmelaluinilaidannorma moral sertapermasalahan- permasalahan yang timbuldalamkaitandengannilaidannorma moral itu.
MenurutMaginsSuseno, etikaadalahsebuahilmudanbukansebuahajaran. Maksudnyaetikahanyamelakukanrefleksikritisatasnormaatauajaran moral, sedangkan yang memberikitanormatentangbagaimanakitaharushidupadalahmoralitasataukitabisajugamengatakanbahwaetikaadalahperwujudansecarakritisdanrasionalajaran moral yang siappakai.
MenurutKamusBesar  Bahasa Indonesia, etikaadalahilmutentangapa yang baikdanapa yang burukdantentanghakdankewajiban moral (akhlak). Ataukumpulanasasataunilai yang di anutsuatugolonganmasyarakat.
Menurut Prof. Dr. Akhmad Amin, etikaadalahilmu yang menjelaskanartibaikdanburuk, menerangkanapa yang seharusnya di lakukanolehmanusiakepadalainnya, menyatakantujuan yang harusditujuolehmanusia di dalamperbuatanmerekadanmenunjukanjalanuntukmelakukanapa yang harus di perbuat.
Menurut R.I. Sarumpaet (1976:10), Etikaadalahkumpulanperaturanbergaulyaitukumpulantatatertibdancara-carabergauldiantara orang-orang beradab. Etikamerupakankumpulanaturan-aturan yang menerbitkandanmengendalikanpergaulanmanusia, Denganmenurutperaturanitumanusiadapathiduprukunbersama-sama.
Dari beberapapendapatdiatasdapatdisimpulkanbahwaetikaadalahmerupakanaturan-aturankonvensionalmengenaitingkahlaku individual dalammasyarakatberadab, tatacara formal maupuntatacara karma lahiriahuntukmengaturhubunganantarapribadisesuaidengan status sosialmasing-masing.
     




Curved Down Ribbon: 4
 





Curved Down Ribbon: 5BAB III
PENUTUP





3.1  Kesimpulan

Etikaadalahmerupakandasar-dasarkonvensionalmengenaitingkahlaku individual dalammasyarakatberadabmaupunkelompok, tatacara formal sertatatacara karma lahiriahuntukmengaturhubunganantarapribadisesuaidengan status sosialmasing-masing.
Etika, sebagaisuatuilmu normative merupakansalahsatudisiplinilmufilosofi yangmerefleksikancaramanusiamenujukeberhasilandalamhidupnyasebagaimakhluk yang tidakhanyamemilikieksistensifisik, tetapijugaeksistensirohani.








Curved Down Ribbon: 6
Sun: 8

 


DAFTAR PUSTAKA

1.     Burhanuddin, Salam. EtikaSosial : Asas Moral DalamKehidupanManusia, Jakarta : Rineka Cipta,1997. hal.
2.     Tim PenyusunKamusPusatPembinaandanPengembangan Bahasa. KamusBesar Bahasa Indonesia, Jakarta :Balai Pustaka,1990. hal 237.
3.     Amin, Akhmad. Etika (IlmuAkhlak), Jakarta :Bulan Bintang,1975. hal 3.



MAKNA DAN HAKEKAT ETIKA DALAM PENGEMBANGAN PROFESI GURU




http://akreditasi.net/wp-content/uploads/2015/10/20130605025409-620.jpg
DisusunOleh :
JAMALUDIN








SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL-HIDAYAH BOGOR
Jalan Raya Dramaga Km. 7, Margajaya, Bogor Barat, Jawa Barat, Indonesia
TAHUN 2016


KATA PENGANTAR


DenganmenyebutnamaAlloh SWT yang Maha Pengasihlagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telahmelimpahkanrahmat, hidayah, daninayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapatmenyelesaikanmakalahilmiahtentangpengertianMakna Dan HakekatEtikaDalamPengembanganProfesi Guru.

Makalahilmiahinitelahdisusundenganmaksimaldanmendapatkanbantuandariberbagaipihaksehinggadapatmemperlancarpembuatanmakalahini.Untukitu kami menyampaikanbanyakterimakasihkepadasemuapihak yang telahberkontribusidalampembuatanmakalahiniterutamaMa’had Huda Islami Bogor Indonesia.

Terlepasdarisemuaitu, penyusunmenyadarisepenuhnyabahwamasihadakekuranganbaikdarisegisusunankalimatmaupuntatabahasanya.Olehkarenaitudengantanganterbukapenyusunmenerimasegala saran dankritikdaripembaca agar penyusundapatmemperbaikimakalahilmiahini.

Akhir kata kami berharapsemogamakalahilmiahtentangpengertianetikadanruanglingkupnya, begitu pula manfaatnyauntukpendidikan di negritercintainidapatmemberikanmanfaatmaupuninpirasiterhadappembaca.
Curved Down Ribbon: 1
 






Bogor,    Desember 2015




JAMALUDIN







DAFTAR ISI


                                                                                                                     Halaman
KATA PENGANTAR .......................................................................................        1
DAFTAR ISI.....................................................................................................        2
BAB I PENDAHULUAN   ................................................................................        3

1.1     LatarBelakang..........................................................................................        3
1.2     RumusanPermasalahan............................................................................         4
1.3     TujuanPembuatanMakalah............................................................................. 4

BAB II PEMBAHASAN  ..................................................................................        5
2.1.PengertianStrategiBelajar.................................................................................... 5
   2.2.Definisi SBM dari Para Ahli    ....................................................................         5
   2.3.   KedudukandariStrategiBelajarMengajar........................................................... 5

   BAB III PENUTUP                                                                                                     8
   3.1.   Kesimpulan                                                                                               8















Curved Down Ribbon: 2
 


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latarbelakang

Etikaadalahsebuahprakata yang membicarakanmengenainilaidannorma moral yang menentukanperilakumanusiadalamhidupnya. Sebagaietikasangatmenekankanpendekatan yang kritisdalammelihatdanmelaluinilaidannorma moral sertapermasalahan- permasalahan yang timbuldalamkaitandengannilaidannorma moral itu.
Dalamduniapendidikanetikamerupakanhalpenting yang harus di pahamitiappengajarbaik di tingkatSekolahDasar (SD) sampaiPerguruanTinggi (PT) agar pembelajaraan yang di laksanakanbisa di sesuaikandengannorma/etika yang berlaku di masa depannantinya, dalamsetiapperkembanganpendidikanpengajarjugaharusmampumendalamisetiappelajaran yang akandiajarkandantentunyaharussesuaidengan Norma danEtika, dengandemikiansetiapmahasiswaharusmampumemahamitentanghakekatetikaitusendiri.

1.2.    RumusanMasalah
Sesuaidenganpemaparan di atas di temukanbeberaparumusanmasalahyaitu :

1.         Apapengertian  etika ?
2.         Mengapakitadiperlukanberetika ?
3.         Apakegunaanetika, danruanglingkupnya ?


1.3    Tujuan
AdapunTujuandibuatnyamakalahiniadalahsebagaiberikut :
a.       Mengetahuipengertiandarietika
b.      Mengetahuiruanglingkupetika
c.   memberikanilmukepadapenyusundenganpembaca



Curved Down Ribbon: 3
Sun: 3

 


BAB II
PEMBAHASAN

2.1   PengertiandanRuangLingkupEtika
2.1.1 PengertianEtika
Kata etikaberasaldari kata ethos (bahasayunani) yang berarti ‘adat’, ‘kebiasaan’, dan ‘praktik’.Dalambahasainggris, etikasering di gunakandenganistilah ethics.Velasques (1987) mengemukakanbahwaetikamemilikikesamaandenganperkataanbenaratausalah.
“Etikaadalahsesuatu yang harusdilakukandenganpertimbanganbenardansalah.”
“Etikaadalahsesuatu yang harusdilakukandenganberdasarnilai agama.”“Beretikaadalahmelakukansesuatuberdasarkanhukum.”
“Etikaterdiridaristandartingkahlaku yang diterimadalamlingkunganmasyarakat.”
Menurut Aristoteles, Etikaadalahrefleksidariapa yang disebutdengan “self control” karenasegalasesuatunyadibuatdanditetapkandaridanuntukkepentinganpembuatnya.
Menurut Sims (2003) bahwaetikamerupakandisiplinilmu yang berkaitandenganbaikdantidakbaik, danapa yang menjadikewajiban moral.
MenurutBertens (2004:5) etikaadalahsuatuilmutentangapa yang biasadilakukanolehmanusiaatauilmutentangadabkebiasaan. Lebihdalamlagi, Bartens (2004 :6) mengartikanbahwaetikaadalahilmutentangapa yang baikdanapa yang burukdantentangkewajiban moral (akhlak). Dengandemikian, etikatidakmempersoalkankeadaanmanusia, tetapimempersoalkanbagaimanamanusiabertindak.
Etikaadalahsebuahcabangfilsafsat yang berbicaramengenainilaidannorma moral yang menentukanperilakumanusiadalamhidupnya. Sebagaicabangfilsafat, etikasangatmenekankanpendekatan yang kritisdalammelihatdanmelaluinilaidannorma moral sertapermasalahan- permasalahan yang timbuldalamkaitandengannilaidannorma moral itu.
MenurutMaginsSuseno, etikaadalahsebuahilmudanbukansebuahajaran. Maksudnyaetikahanyamelakukanrefleksikritisatasnormaatauajaran moral, sedangkan yang memberikitanormatentangbagaimanakitaharushidupadalahmoralitasataukitabisajugamengatakanbahwaetikaadalahperwujudansecarakritisdanrasionalajaran moral yang siappakai.
MenurutKamusBesar  Bahasa Indonesia, etikaadalahilmutentangapa yang baikdanapa yang burukdantentanghakdankewajiban moral (akhlak). Ataukumpulanasasataunilai yang di anutsuatugolonganmasyarakat.
Menurut Prof. Dr. Akhmad Amin, etikaadalahilmu yang menjelaskanartibaikdanburuk, menerangkanapa yang seharusnya di lakukanolehmanusiakepadalainnya, menyatakantujuan yang harusditujuolehmanusia di dalamperbuatanmerekadanmenunjukanjalanuntukmelakukanapa yang harus di perbuat.
Menurut R.I. Sarumpaet (1976:10), Etikaadalahkumpulanperaturanbergaulyaitukumpulantatatertibdancara-carabergauldiantara orang-orang beradab. Etikamerupakankumpulanaturan-aturan yang menerbitkandanmengendalikanpergaulanmanusia, Denganmenurutperaturanitumanusiadapathiduprukunbersama-sama.
Dari beberapapendapatdiatasdapatdisimpulkanbahwaetikaadalahmerupakanaturan-aturankonvensionalmengenaitingkahlaku individual dalammasyarakatberadab, tatacara formal maupuntatacara karma lahiriahuntukmengaturhubunganantarapribadisesuaidengan status sosialmasing-masing.
     




Curved Down Ribbon: 4
 





Curved Down Ribbon: 5BAB III
PENUTUP





3.1  Kesimpulan

Etikaadalahmerupakandasar-dasarkonvensionalmengenaitingkahlaku individual dalammasyarakatberadabmaupunkelompok, tatacara formal sertatatacara karma lahiriahuntukmengaturhubunganantarapribadisesuaidengan status sosialmasing-masing.
Etika, sebagaisuatuilmu normative merupakansalahsatudisiplinilmufilosofi yangmerefleksikancaramanusiamenujukeberhasilandalamhidupnyasebagaimakhluk yang tidakhanyamemilikieksistensifisik, tetapijugaeksistensirohani.








Curved Down Ribbon: 6
Sun: 8

 


DAFTAR PUSTAKA

1.     Burhanuddin, Salam. EtikaSosial : Asas Moral DalamKehidupanManusia, Jakarta : Rineka Cipta,1997. hal.
2.     Tim PenyusunKamusPusatPembinaandanPengembangan Bahasa. KamusBesar Bahasa Indonesia, Jakarta :Balai Pustaka,1990. hal 237.
3.     Amin, Akhmad. Etika (IlmuAkhlak), Jakarta :Bulan Bintang,1975. hal 3.